Senin, 04 Juli 2022

Membuat Project IPA Materi Cermin Lengkung di Assemblr Studio

 

 Halo Sahabat Guru Pembelajar, apa kabar ? Semoga selalu sehat dan semangat ya. Kali ini saya mau berbagi lagi tentang cara membuat project 3D materi IPA Cermin lengkung. Materi ini adalah bagian dari KD Alat Optik, yang merupakan materi yang rumit dan abstrak bagi siswa. Karena pada materi ini siswa diharapkan mampu berimajinasi membayangkan jalannya sinar-sinar istimewa pada cermin cekung dan cembung dalam pembentukan bayangan benda menggunakan alat optik cermin cekung dan cembung.

Supaya proses pembelajaran menjadi tidak monoton dan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, maka saya membuat media belajar cermin dengan model 3D ini. Diharapkan siswa menjadi lebih mudah memahami materi ini, karena siswa dapat melihat meteri yang awalnya abstrak menjadi kongkrit di depan mata mereka. Selain itu dengan menggunakan media 3D dan AR juga meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, karena media belajar 3D ini bersifat interaktif, dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan media belajarnya secara langsung. Bagaimana ya cara membuatnya ? Yuk kita simak bersama ya Sahabat !

Seperti biasa, kita akan membuat project / media belajar 3D ini dengan bantuan Assemblr Studio web, suatu aplikasi web yang sangat mudah digunakan. Alamatnya adalah https://www.assemblrworld.com/studio. Aset 3D yang saya gunakan berasal dari pustaka aset Asemblr studio. Asetnya adalah Basic geometry berupa silinder biru dan merah, serta bola setengah berwarna biru. Setengah bola akan saya jadikan sebagai cermin, sedangkan silinder hijau sebagai sumbu utama cermin, dan silinder biru dan merah sebagai garis-garis sinar pada cermin nantinya.

Aset Basic geometri dari Pustaka Assemblr studio

Silinder biru, hijau, dan merah saya ubah ukuran X dan Z nya menjadi 0.1, sedangkan Y nya saya atur sesuai kebutuhan panjang sinar pada cermin. Setelah itu saya mulai mengatur letak sinar-sinar istimewa cermin pada benda, jarak fokus, dan titik pusat kelengkungan cermin.
Masing-masing cermin berbeda bentuk dan sifat-sifat bayangan benda yang dibentuk dari perpotongan sinar-sinar pantul cermin. Berikut hasil modifikasi silinder dan setengah bola pada sumbu utama cermin.
Pembentukan bayangan pada cermin cembung

Kita tinggal mengatur posisi sinar-sinar istimewa pada titik F, M, dan benda sesuai aturan pembentukan bayangan pada cermin, sehingga diperoleh posisi bayangan benda dengan tepat.

Pembentukan bayangan pada cermin cekung

Di setiap akhir pembentukan bayangan pada cermin, maka akan tampil sifat-sifat bayangannya. 
Dengan demikian siswa menjadi lebih mudah paham. 

Saya juga melengkapi project Cermin lengkung ini dengan video materinya, sehingga siswa dapat mendengar dan melihat penjelasan tentang Cermin lengkung tersebut dengan mudah.

Penyajian materi tentang Cermin lengkung

Interactivity yang saya gunakan pada project Cermin  ini adalah hide, show, dan swicth scene saja. Sangat mudah diaplikasikan pada objek 3D kita. Dengan menggunakan project 3D ini, siswa saya menjadi lebih bersemangat dan senang dalam belajarnya. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Siswapun lebih mudah memahami materi cermin yang abstrak ini. Nah bagi Sahabat yang penasaran dengan project ini tenang saja, saya bagi link projectnya berikut ini http://asblr.com/A22eo

Semoga terinspirasi ya Sahabat untuk menghadirkan metode pembelajaran interaktif dan kekinian bersama Assemblr Edu. Sampai jumpa di sharing ilmu berikutnya.


Reference :

https://www.assemblrworld.com/studio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar